Kamis, 06 Maret 2014

SEJARAH SANGGAR LIMPAPEH RUMAH NAN GADANG KABUPATEN PELALAWAN – RIAU



Sanggar Limpapeh Rumah Nan Gadang adalah suatu wadah pengembangan aktifitas kesenian yang didirikan oleh Ibu Hj. Etty Anda di bawah bimbingan Bapak dr. H. Anda Citra Utama, SpPD. Secara operasional sebagai ketua pengurus Sanggar Limpapeh Rumah Nan Gadang ini dipegang langsung oleh Bapak Emon Ramadhan, dimana sanggar yang menitik beratkan pada pelestarian, pengembangan dan peningkatan aktivitas seni budaya Minangkabau, Melayu dan budaya tempatan yang bersifat independen dan terbuka serta mengutamakan kekeluargaan untuk semua warga masyarakat generasi penerus bangsa tanpa membedakan ras, suku bangsa, budaya, adat istiadat, profesi, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Nama Sanggar Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan symbol atau julukan untuk Bundo Kanduang di Minangkabau yang berarti tiang utama penyangga Rumah Gadang. Dengan Limpapeh ini Rumah Gadang menjadi kokoh tempat bernaungnya anak dan kemenakan serta berlindungnya kaum perempuan. Sanggar Limpapeh ini mempunyai logo atau lambang yang menunjukkan seni tradisi dan seni modern yang saling mempengaruhi, sedangkan sketsa huruf S dan L yang bergurat seni dan lentur dalam pengembangan seni tradisi tanpa mengabaikan seni modern dan mempunyai 3 ( tiga ) warna (hitam, merah, kuning) pada logo yang menggambarkan kiasan-kiasan “luhak nan tigo” di daerah Sumatera Barat.
Dalam perkembangannya Sanggar Limpapeh Rumah Nan Gadang sudah mulai melengkapi diri dengan pengadaan peralatan dan perlengkapan music tradisional dan busana penampilan. Saat ini Sanggar Limpapeh Rumah Nan Gadang telah sering ikut berpartisipasi dalam berbagai event baik yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata/ Instansi terkait maupun kebutuhan masyarakat seperti perhelatan, pelantikan, peresmian, hajatan dan lain sebagainya



bahkan sudah beberapa kali diundang keluar kota. Adapun minat masyarakat khususnya usia pelajar untuk bergabung dan menjadi anggota Sanggar Limpapeh Rumah Nan Gadang cukup tinggi. Saat ini anggota Sanggar Limpapeh mencapai + 45 orang yang terdiri dari penari, pemusik dan penyanyi.

Pangkalan Kerinci,   Maret 2014
Sanggar Limpapeh 
Rumah Nan Gadang\
Kabupaten Pelalawan-Riau 
Ketua




Emon Ramadhan Putra


Mengetahui,
Pendiri




Hj. Etty Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar